Cara Menghitung Persamaan Variabel Yang Benar

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara menghitung dan menyelesaikan persamaan variabel yang tidak diketahui dengan benar. Anda akan belajar bagaimana menyelesaikan persamaan menggunakan tabel perkalian dan Anda juga akan belajar bagaimana mengidentifikasi solusi untuk persamaan dengan bilangan tertentu serta dengan menggunakan operasi invers.

Cara Menghitung Persamaan Variabel Yang Benar

Anda bisa menyelesaikan persamaan mudah di kepala Anda dengan menggunakan tabel perkalian.

Contoh:

8x = 64

8⋅ x = 64

Angka mana yang harus Anda kalikan 8 untuk mendapatkan hasil kali 64? Dengan menggunakan tabel perkalian, kita mengetahui bahwa jumlahnya adalah 8.

8⋅ 8 = 64


Saat kita menyelesaikan persamaan, kita mencari tahu nilai x (atau variabel lain) yang membuat pernyataan itu benar (memenuhi persamaan).

Contoh:

Manakah dari bilangan berikut yang merupakan solusi persamaannya? x = 2, 7, atau 8?

14 – x = 7

Di sini Anda diberi angka 2, 7 dan 8. Salah satu dari angka-angka ini dapat memenuhi persamaan. Jika Anda tidak langsung mengetahui penyelesaiannya, Anda dapat menyelidiki bilangan mana yang memberikan hasil dalam jawaban yang benar dengan memasukkan nilai x yang berbeda.

x=2   x=7   x=8   142=12147=7148=6WrongCorrectWrong

Jawaban: x = 7


Anda telah menyelesaikan persamaan yang solusinya cukup mudah dilihat, dengan menggunakan matematika atau pola perkalian. Kebanyakan persamaan lebih sulit untuk diselesaikan dan Anda harus menyederhanakan persamaan tersebut sebelum Anda dapat melihat penyelesaiannya. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan operasi invers.

Operasi matematika pada umumnya adalah, penjumlahan, perkalian, pembagian dan pengurangan. Operasi terbalik adalah operasi yang membalikkan efek operasi lain. Penjumlahan dan pengurangan adalah invers satu sama lain, seperti pembagian dan perkalian adalah invers.

Contoh:

Perhitungan dengan angka

18+4=22

18+4−4=22−4

18=18

Perhitungan dengan angka dan variabel

x+4=22

x+4−4=22−4

x=18

Kita mengurangi 4 dari kedua sisi.

Contoh:

hitung pecahan variabel





Kita membagi kedua sisi dengan angka 2.

Referensi: Math Planet

Pos dibuat 92

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas