Mengukur Kekuatan Komputer Kuantum Dengan Metode Sirkuit Cermin (Mirror-Circuit Method)

Saat ini, ilmuwan memiliki alat pertama yang dapat menentukan peringkat dalam kemampuan teknologi untuk menjalankan tugas-tugas yang ada di dunia nyata, mengungkapkan potensi dan keterbatasan pada tekonologi tersebut.

Jenis uji benchmark baru, yang dirancang di Sandia National Laboratories, memprediksi seberapa besar kemungkinan prosesor kuantum akan menjalankan program tertentu tanpa kesalahan.

Pengujian yang disebut sebagai metode sirkuit cermin (mirror-circuit method) diakui dapat mengukur kekuatan komputer kuantum lebih cepat dan lebih akurat daripada tes konvensional sehingga membantu para ilmuwan untuk mengembangkan teknologi yang kemungkinan besar berkembang menjadi komputer kuantum praktis pertama di dunia serta dapat mempercepat penerapan teknologi tersebut untuk penelitian pada bidang kedokteran, kimia, fisika, pertanian dan keamanan nasional.

Tetapi menurut penelitian baru, tes benchmark konvensional meremehkan banyak kesalahan komputasi kuantum. Hal ini dapat menyebabkan harapan yang tidak realistis tentang seberapa kuat atau berguna mesin kuantum. Sirkuit cermin menawarkan metode pengujian yang lebih akurat.

Metode sirkuit cermin (mirror-circuit method) adalah sebuah metode rutinitas komputer yang melakukan serangkaian perhitungan dan kemudian membalikkan perhitungan tersebut.

Metode pengujian baru ini juga menghemat waktu sehingga akan membantu peneliti dapat mengevaluasi mesin atau algoritma yang semakin canggih. Sebagian besar tes benchmark memeriksa kesalahan dengan menjalankan serangkaian instruksi yang sama pada mesin kuantum dan komputer konvensional. Jika tidak ada kesalahan, maka hasilnya dapat dikatakan cocok.

Namun, karena komputer kuantum melakukan perhitungan tertentu jauh lebih cepat daripada komputer konvensional, peneliti dapat menghabiskan waktu lama menunggu komputer biasa untuk menyelesaikan perhitungannya.

Dengan metode sirkuit cermin, bagaimanapun, output harus selalu sama dengan input atau modifikasi yang disengaja. Jadi, alih-alih menunggu, para ilmuwan dapat langsung memeriksa hasil komputer kuantum.

Penelitian ini didanai oleh Department of Energy’s Office of Science dan Sandia’s Laboratory Directed Research and Development Program. Sandia adalah salah satu laboratorium terkemuka dari Quantum Systems Accelerator, pusat penelitian kuantum nasional Departemen Energi Amerika Serikat.

Referensi: DOE/Sandia National Laboratories

Pos dibuat 92

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas