Miliaran Planet Tanpa Bintang Menghantui Area Awan Gelap

Miliaran Planet Tanpa Bintang Menghantui Area Awan Gelap

Alam semesta merupakan tempat yang gelap dan luas. Banyak materi seperti planet, bintang, gas, dan sebagainya di alam semesta. Planet-planet saling mengorbit Bintangnya masing-masing. Namun, sebuah tim internasional yang terdiri dari astronom Prancis, Jepang, dan Spanyol telah melakukan penelitian dan menemukan sekitar 100 planet mengambang bebas di luar angkasa tanpa mengorbit bintang. Ekstrapolasi seluruh Galaksi Bima Sakti telah menunjukkan bahwa ada miliaran planet tanpa bintang yang belum ditemukan dan mengorbit tanpa tujuan di luar angkasa.

Miliaran Planet Tanpa Bintang Menghantui Area Awan Gelap

Free Floating Planets (FFP) atau Planet Tanpa Bintang telah dikenal selama sekitar 20 tahun, tetapi asal-usul mereka masih diselimuti misteri. Apakah mereka lahir secara alami di area awan gelap antarbintang yang dingin atau apakah mereka terbentuk di sekitar bintang seperti planet lain, namun terlempar ke kegelapan abadi?

Sejumlah kecil FFP yang diketahui memiliki peluang untuk diselidiki. Dalam penelitian ini, tim mengumpulkan dan menganalisis sekitar 100 TB data yang diambil selama 20 tahun, termasuk data dari pengamatan baru yang diperoleh dengan teleskop inframerah dan optik terbaik di dunia (seperti kamera mosaik Teleskop Subaru yang canggih), HSC dan Suprime-Cam, untuk mencari FFP di rasi bintang muda Upper Scorpius OB.

Setelah menolak bintang dan galaksi latar belakang, mereka berakhir dengan katalog 70-170 FFP, tergantung pada kriteria seleksi yang digunakan, serta lebih dari 3000 anggota yang lebih masif. Jumlah ini hampir menggandakan jumlah FFP yang diketahui.

Banyaknya FFP yang ditemukan dalam sampel ini tidak dapat dijelaskan dengan proses pembentukan planet secara alami dari kontraksi awan gas kecil di ruang antarbintang. Hal ini menunjukkan bahwa planet-planet yang terbentuk di sekitar bintang dan kemudian terlempar ke kegelapan sehingga menjadi kontribusi penting dalam fenomena ini.

Dengan asumsi bahwa daerah pembentuk bintang lain mirip dengan Scorpius Upper, hasil ini menunjukkan bahwa miliaran FFP yang belum ditemukan bersembunyi di kegelapan di antara bintang-bintang.

Referensi: https://www.nao.ac.jp/en/news/science/2021/20211223-subaru.html

Pos dibuat 92

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas