Tips Memanfaatkan Waktu Istirahat Yang Efektif dan Membuat Tubuh Segar Kembali

Waktu istirahat adalah hal yang sangat anda butuhkan setelah melakukan rutinitas yang melelahkan. Namun, terkadang istirahat tidak cukup hanya berhenti melakukan aktivitas bekerja saja. Jika ingin tubuh kembali segar dan bersemangat untuk bekerja, dibutuhkan beberapa strategi yang dapat dilakukan seperti tips-tips dibawah ini.

Tips Memanfaatkan Waktu Istirahat Yang Efektif dan Membuat Tubuh Segar Kembali

Berikut adalah delapan tips untuk memanfaatkan waktu istirahat anda secara efektif.

1. Jangan Bekerja Saat Waktu Beristirahat

Jangan Bekerja Saat Waktu Beristirahat

Jika Anda menghabiskan waktu istirahat untuk menjawab pesan teks dan mengerjakan tugas, maka itu bukan waktu istirahat. Sebaliknya, gunakan teknik manajemen waktu yang baik untuk memaksimalkan waktu istirahat anda.

Persiapan adalah kunci untuk tips ini. Misalnya, buat makan siang Anda lebih awal, sehingga Anda tidak menghabiskan setengah waktu istirahat untuk memasaknya. Anda juga dapat memberi tahu teman dan keluarga bahwa Anda mungkin tidak langsung membalas selama hari kerja. Hal membantu mengurangi tekanan untuk menanggapi pesan.

2. Atur Waktu dengan Hati-hati

Atur Waktu dengan Hati-hati

Anda harus istirahat kira-kira setiap dua jam, dan buat masing-masing sekitar 15-20 menit. Hal bisa menjadi sedikit lebih lama jika Anda sedang makan. Tetapi istirahat selama satu jam sulit untuk mendapatkan kembali momentumnya, dan istirahat yang lebih pendek tidak menawarkan cukup waktu untuk bersantai.

Waktu istirahat itu sendiri juga penting. Beristirahatlah sebelum Anda merasa lelah. Istirahat adalah untuk membantu Anda mempertahankan energi, bukan memulihkannya! Inilah sebabnya mengapa penting untuk beristirahat tepat waktu, bahkan jika Anda merasa belum membutuhkannya.

3. Hindari Tidur Siang

Hindari Tidur Siang

Meskipun ada waktu untuk tidur siang selama 5-10 menit saat istirahat, hal ini tidak disarankan. Anda mungkin merasa pusing ketika bangun, karena waktu tidur anda tidak cukup lama untuk siklus tidur penuh. Anda mungkin juga perlu waktu ekstra untuk tertidur di tempat pertama, yang dapat mengganggu waktu bekerja anda.

Jika Anda perlu mengejar ketertinggalan dengan menggunakan waktu istirahat Anda, lebih baik meminta hari libur dan memulihkan diri dengan istirahat penuh. Istirahat tidak bisa menggantikan tidur malam yang buruk. Anda mungkin perlu menyesuaikan jadwal Anda untuk memastikan Anda beristirahat dengan lebih baik.

4. Mengubah Lokasi Istirahat Anda

Mengubah Lokasi Istirahat Anda

Tips ini sangat penting jika Anda bekerja di kantor kecil, atau dari rumah. Rubah pemandangan anda agar tidak bosan. Paling tidak, tinggalkan ruangan tempat kerja Anda. Lebih baik lagi, tinggalkan tempat bekerja anda dan berjalan ke tempat lain.

Perubahan pemandangan membantu otak Anda keluar dari mode kerja. Semakin banyak perubahan yang Anda miliki, semakin cepat Anda dapat melepaskan pekerjaan dan mulai fokus untuk memulihkan kebutuhan energi Anda. Pergi ke luar akan menambah perubahan dalam bau, suara, suhu, dan banyak lagi, itulah sebabnya mencari udara segar adalah pilihan terbaik.

Jika Anda tidak bisa keluar, pindah ke ruangan lain adalah hal terbaik berikutnya. Jika bisa, buka jendela, nyalakan kipas angin, atau lakukan sesuatu untuk mengubah suasana. Memutar musik juga dapat membantu.

5. Meningkatkan Detak Jantung

Meningkatkan Detak Jantung

15-20 menit mungkin tidak cukup waktu untuk sesi penuh di gym, tetapi Anda masih bisa mendapatkan beberapa kardio. Cardio adalah jenis latihan terbaik untuk dilakukan saat istirahat, terutama jika pekerjaan Anda tidak banyak bergerak. Ini membantu memulihkan sirkulasi dan menciptakan adrenalin!

Anda tidak memerlukan peralatan olahraga apa pun untuk melakukan kardio. Jika di tempat Anda hangat, Anda mungkin ingin membawa baju ganti untuk itu. Cobalah berjalan naik dan turun tangga dengan langkah cepat. Jika Anda bisa pergi ke luar, jalan cepat di sekitar blok adalah cara yang bagus untuk berolahraga!

6. Dapatkan Mental Boost

Dapatkan Mental Booster

Istirahat Anda harus memenuhi kebutuhan kesehatan mental Anda. Idealnya, Anda harus memulai dengan latihan kesadaran yang membantu Anda beristirahat. Kemudian Anda dapat pindah ke sesuatu yang memberi Anda lebih banyak dorongan beraktivitas.

Jika Anda merasa stres atau kesulitan untuk fokus pada waktu istirahat Anda, beberapa perhatian mungkin diperlukan. Di ruang kerja yang kacau atau sempit, aplikasi penenang pikiran dapat banyak membantu. Namun, jika Anda dapat menemukan ruang yang tenang, meluangkan beberapa menit untuk bernapas dan fokus pada saat ini dapat melakukan banyak hal.

Untuk meningkatkan energi mental, pertimbangkan hobi yang bisa dinikmati dalam dosis pendek. Jika Anda di rumah, bermain dengan hewan peliharaan akan berhasil! Namun, sebagian besar video game tidak bagus untuk istirahat, karena sulit untuk dihentikan. Media sosial juga bisa menguras tenaga.

7. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anda

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anda

Menjaga botol air Anda dalam jangkauan di tempat kerja adalah ide yang baik, tetapi jangan mengabaikan hidrasi saat istirahat Anda juga! Demikian pula, Anda cenderung merasa lesu setelah makan sehat daripada setelah junk food.

Pertimbangkan makanan bergizi tinggi seperti sayuran segar dan yogurt atau buah jika hangat. Jika dingin, cobalah semangkuk sup atau sisa makanan yang dipanaskan kembali. Menyiapkan makanan Anda sebelumnya atau menggunakan layanan kotak berlangganan dapat membantu mengatur waktu istirahat. Hal ini juga memberi Anda sesuatu untuk dinanti-nantikan.

Camilan manis dapa dinikmati setelah bekerja. Demikian pula, hindari kafein di sore hari. Terlalu banyak kafein dapat membuat Anda dehidrasi, mengganggu tidur Anda, dan membuat Anda sulit untuk fokus.

8. Luangkan Waktu untuk Berbicara

Luangkan Waktu untuk Berbicara

Tips ini sangat penting jika Anda bekerja dari rumah. Isolasi pekerjaan dengan komputer benar-benar dapat menguras energi Anda, bahkan jika Anda seorang introvert. Untuk mengatasi ini, gunakan waktu istirahat Anda sebagai kesempatan untuk terhubung secara langsung dengan orang-orang yang berarti bagi Anda.

Berbagi makanan atau berolahraga bersama adalah cara yang baik untuk melakukan ini. Tetapi jika Anda tidak dapat terhubung secara langsung, pertimbangkan panggilan telepon. Anda juga dapat menggunakan waktu untuk mengirim hadiah sederhana dengan cara mereka. Surat pendek, undangan untuk hang out nanti, atau bahkan meme buatan tangan bisa membuat hari mereka menyenangkan dan membuat Anda lebih dekat denga kerabat-kerabat anda.

Dengan merancang waktu istirahat secara strategis dan tepat, Anda dapat dengan mudah kembali bekerja. Istirahat yang baik sangat penting untuk hari kerja yang produktif, jadi jangan mengabaikan waktu istirahat anda.

Pos dibuat 92

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas