Mengenal Apa Itu Kabel USB Type C

Mengenal Apa Itu Kabel USB Type C Beserta Teknologinya

Pada saat ini, hampir semua orang memiliki smartphone atau sering kita menyebutnya HP dan tentu saja smartphone hidup dengan mengandalkan baterai sebagai sumber dayanya. Baterai dalam smartphone dapat diisi dengan menggunakan kabel khusus yang disebut dengan kabel USB yang merupakan singkatan dari Universal Serial Bus.

Kabel USB ini telah menjadi kabel berteknologi modern yang tidak hanya digunakan untuk mengisi baterai pada smartphone namun juga banyak digunakan untuk keperluan lain seperti transfer data, tethering jaringan internet, dan sebagainya.

 

Mengenal Apa Itu Kabel USB Type C

 

Seiring berkembangnya zaman, Teknologi kabel USB sudah berkembang pesat dan saat ini memiliki banyak tipe. Berberapa tipe yang umum digunakan, yaitu USB Type A, USB Type B dan USB Type C. Namun, kali ini kita akan membahas semua tentang Kabel USB Type C, mulai dari apa itu kabel usb type c, teknologi apa yang bisa didapatkan serta kelebihan dan kekurangan dari kabel USB tipe ini.

Apa itu Kabel USB Type C serta apa bedanya dengan kabel USB tipe lainnya?

Kabel USB Type C atau disebut USB-C merupakan salah satu jenis kabel USB yang memiliki 24 pin konektor dengan posisi pin berada diatas dan dibawah bagian dalam konektor sehingga memungkinkan pengguna dapat menggunakan kabel ini secara bolak-balik.

Hal ini membuatnya berbeda dengan jenis kabel USB yang lain seperti USB Type B yang memiliki bentuk khusus sehingga saat dicolokkan harus sesuai dengan lubang portnya.

 

Teknologi yang ada pada Kabel USB Type C

Kabel USB Type C memiliki teknologi yang berbeda dari kabel usb jenis lainnya dimana kabel jenis ini dapat menghantarkan daya listrik sebesar 100 Watt sehingga kabel ini dapat digunakan sebagai Charger Laptop berdaya rendah.

Selain itu, Kabel USB Type C dapat digunakan juga untuk mengirim sinyal video dan daya listrik secara bersamaan melalui kabel Display Port (DP), MHL, atau HDMI tentu dengan alat tambahan yaitu Adaptor atau Adapter ditambah kabel USB Type C mendapatkan dukungan teknologi Thunderbolt 3 atau Thunderbolt 4.

 

Kelebihan dan Kekurangan dari Kabel USB Type C

Dari segi kelebihan, kabel USB Type C memilki konektor atau port dengan bentuk yang kecil sehingga cukup praktis untuk digunakan serta saat ini sudah banyak perangkat yang mendukung konektor dari USB Type C ini, mulai dari smartphone hingga laptop.

Selain itu, kabel USB Type C memiliki fungsi yang fleksibel dimana kabel ini dapat dihubungkan dengan berbagai jenis perangkat yang memiliki output display port (DP), VGA, hingga ethernet sekalipun dan tentu dengan menggunakan alat bantuan yaitu Adaptor.

Serta kelebihan lain yang sudah dijelaskan diatas seperti konektor yang memiliki bentuk yang sama sehingga dapat dimasukkan secara bolak-balik serta dapat menghantarkan daya listrik secara bersamaan hingga 100 Watt.

Namun, seperti alat elektronik lainnya, kabel USB memiliki kekurangan diantaranya masih diperlukannya alat bantuan untuk menghubungkan ke kabel jenis lain seperti adaptor atau adapter dan masih adanya berberapa perangkat yang tidak mendukung Kabel USB Type C. Selain itu, harga kabel USB Type C ini lebih mahal daripada kabel USB tipe lainnya.

 

Mulainya Standarisasi Penggunaan Kabel USB Type C di Semua Perangkat Mobile

Seiring waktu, kabel USB Type C semakin banyak diaplikasikan dalam perangkat mobile dan digunakan oleh orang-orang bahkan dalam waktu dekat akan menjadi standarisasi bagi produsen perangkat elektronik berbasis mobile seperti smartphone atau laptop yang akan dilakukan oleh Uni Eropa.

Hal ini dilakukan oleh Uni Eropa dalam langkah menyamakan teknologi pengisian daya yang digunakan oleh perangkat mobile sehingga tidak memperlukan aksesori kabel yang berbeda. Dengan langkah itu, diharapkan limbah elektronik yang dihasilkan dari kerusakan atau terbuang akan berkurang sehingga membuat lingkungan menjadi lebih bersih serta bisa menjadi upaya dalam mengurangi ancaman pemanasan global.

 

Referensi:

Pos dibuat 92

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas