Apa Yang Berbeda Dari Benci dan Tidak Suka?

label
Seringkali kita mengkungkapkan rasa tidak suka dengan kata 'benci' atau 'tidak menyukai'. Meskipun kita lebih sering mengucapkan 'benci' untuk mengungkapkan ketidaksukaan daripada mengatakan 'tidak menyukainya'. Padahal, dua kata ini mempunyai makna yang berbeda. Ada perbedaan yang signifikan antara kedua kata ini. 


perbedaan antara benci dengan tidak suka
Perbedaan antara benci dengan tidak suka
Pada dasarnya, Kebencian adalah ketidaksukaan yang berkelanjutan (intens) dan ekstrem terhadap seseorang atau sesuatu sementara ketidaksukaan adalah sebuah perasaan tidak ingin atau keengganan. Dalam artikel ini, kita akan melihat perbedaan antara kebencian dan ketidaksukaan secara mendalam.


  • Kebencian

Kebencian atau Benci dapat didefinisikan sebagai ketidaksukaan berkelanjutan terhadap seseorang atau sesuatu. Istilah, 'benci' berasal dari bahasa Inggris Kuno, istilah hate (kata kerja) dan hete (kata benda) berasal dari bahasa Jerman. Benci adalah kata yang sangat kuat dan sering dikaitkan dengan perasaan negatif seperti kemarahan, permusuhan dan kekerasan. Benci adalah emosi yang merusak dan bisa berasal dari sentimen seperti ketidaksukaan, ketidaktahuan atau kecemburuan.

Kebencian cukup membahayakan, karena kebencian dapat membuat orang berpikir tidak jernih, merasa terganggu dengan kehadiran orang/sesuatu yang anda benci, memunculkan emosi diluar kendali, menimbulkan masalah konsentrasi atau fokus pada hal lain . Hingga pada akhirnya, kebencian dapat mendorong Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya atau bisa dikatakan 'gila'.

  • Tidak Suka

Tidak seperti kebencian, tidak suka hanyalah rasa sementara yang terjadi karena adanya trigger atau reaksi dari sesuatu, seperti penampilan, komentar, peraturan, kebijakan atau perasaan. Banyak hal dapat membuat seseorang tidak suka, atau hanya satu hal. Tidak suka bukanlah hal yang menyangkut perasaan pribadi, tidak suka itu tidak lebih seperti preferensi atau masalah pilihan. Seperti hanya karena Anda tidak menyukai bayam tidak berarti harus memikirkannya secara terus-menerus atau hanya karena Anda tidak menyukai hujan tidak berarti anda dapat kehilangan kendali sehingga melakukan tindakan gila atau hal-hal yang Anda tidak terpikirkan untuk melakukannya.

Sumber:
https://pediaa.com/difference-between-hate-and-dislike/
https://www.quora.com/Is-there-a-difference-between-disliking-someone-and-hating-someone
Share This :

Saya adalah seorang article writer dan kontributor di tanahpengetahuan.com. Sama seperti author, saya ingin mengedukasi masyarakat Indonesia akan pengetahuan.

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon