Mengenal Fenomena Ekuinoks Tahunan (September Equinox)

Dalam meteorologi, musim gugur biasanya dimulai dari 1 September. Tetapi, musim gugur ini ditandai dengan munculnya Fenomena Ekuinoks (Equinox). Fenomena Ekuinoks (Equinox) adalah sebuah fenomena saat posisi Matahari tepat berada di khatulistiwa atau ekuator. Fenomena ini membuat siang dan malam memiliki waktu yang hampir sama panjangnya, yaitu sekitar 12 jam di seluruh dunia. Fenomena Ekuinoks September ini terjadi pada  bulan September di Belahan Bumi Utara (dan musim semi di Belahan Bumi Selatan). Fenomena ini terjadi pada 22 September 2021, pukul 19:21 UTC.

Fenomena Tahunan September Equinox
Illustrasi Fenomena Tahunan September Equinox


Menurut ilmuwan tata surya dari NASA Mitzi Adams, di Kutub Utara, selama beberapa hari mendatang, Matahari akan tenggelam di bawah cakrawala mulai dari hari ini hingga sekitar bulan Oktober ketika akan benar-benar gelap. Senja musim semi di Kutub Utara dimulai beberapa minggu sebelum musim semi, ekuinoks di bulan Maret, ketika Matahari terbit kembali di atas cakrawala.

Fenomena ini hanya terjadi dua kali dalam rotasi Bumi mengelilingi Matahari selama setahun. Sisa tahun ini, Matahari bersinar tidak merata di belahan bumi utara dan selatan. Hal itu dikarenakan sumbu Bumi yang miring terhadap Matahari. Tetapi pada hari-hari tertentu, ekuinoks musim semi dan musim gugur terjadi membuat matahari bersinar hampir sama di belahan bumi utara dan selatan.

Simulasi Fenomena Tahunan September Equinox
Simulasi Fenomena Tahunan September Equinox

Di belahan bumi utara, ekuinoks September menandai dimulainya periode matahari terbit dan matahari terbenam lebih awal. Bumi belahan utara juga akan merasakan hari-hari yang lebih sejuk dengan angin yang lebih dingin, dan daun-daun kering yang berjatuhan.

Hari ini, kita merayakan ekuinoks sebagai peristiwa astronomi yang disebabkan oleh kemiringan Bumi pada porosnya dan pergerakannya dalam orbit mengelilingi Matahari.

Nikmati musim baru – di belahan dunia mana pun Anda berada!


Referensi: https://blogs.nasa.gov/Watch_the_Skies/2021/09/21/september-equinox-2021-is-coming/

Nazrin NRN

Nazrin (ナズーリン Nazūrin) is a mouse youkai who's a skilled dowser and the leader of a great number of mice. As the leader of many mice, she often employs them to search for things for her; though if she were to ask them to find food, it would most likely be gone by the time they returned.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama