Intel Peringatkan Untuk Tidak Menginstal Patch (Gagal) Meltdown dan Spectre

label
Pada hari Senin, Intel mengeluarkan peringatan untuk tidak menginstal patch Meltdown dan Spectre versi sekarang ini, baik melalui download di website mereka atau melalui update OS (Windows Update atau Mac App Store). Hal ini dikarenakan Intel telah menemukan masalah reboot dan ketidakstabilan sistem secara spontan.

celah keamanan prosesor intel meltdown
Meltdown
Meltdown dan Spectre adalah sebuah ancaman kerentanan keamanan pada prosesor Intel dengan memanfaatkan dump memory pada prosesor. Patch yang dibuat bertujuan untuk melawan Spectre dan Meltdown saat ini justru membuat masalah baru. Intel sudah mengeluarkan statement ini melalui situs berita mereka. Menurut EVP Intel, Neil Shenoy, ia mengatakan bahwa "Kami merekomendasikan untuk penyedia OEM, layanan cloud, produsen sistem, vendor perangkat lunak, dan para pengguna (end user) untuk tidak mengupdate sistem operasi atau memberikan patch terbaru mereka saat ini pada platform tertentu, hal ini dapat mengakibatkan terganggunya reboot yang diakibatkan oleh ketidakstabilan sistem."

Intel baru saja memecahkan permasalahan ini, setelah mengidentifikasi akar dari penyebab masalah meltdown dan spectre di chip generasi Broadwell dan Haswell. Perusahaan tersebut mengklaim telah mengeluarkan versi perbaikan awal untuk masalah ini kepada mitranya, namun belum merilis versi akhir (final).

Namun, Intel belum bisa secara langsung menangani masalah serupa pada prosesor yang terbaru (mulai dari generasi Broadwell dan Haswell, yaitu Ivy Bridge, Skylake, Kabylake, dan Coffee Lake) dan saat ini, Intel sedang berupaya untuk memperbaiki masalah dari prosesor diatas karena prosesor-prosesor tersebut menderita masalah yang sama dalam dokumentasi resminya.

Singkatnya, Intel meminta kepada produsen perangkat komputer dan pengguna untuk bekerjasama dengan Intel dalam menangani masalah ini dengan tidak mempatch atau mengupdate sistem operasi mereka. Namun, Intel tetap menekankan kepada para penggunanya untuk mengupdate perangkat keras dan lunak mereka serta memastikan perangkat-perangkat tersebut aman digunakan.

Sumber:  http://www.techradar.com/news/dont-download-intels-latest-spectre-and-meltdown-patch-intel-warns dan https://newsroom.intel.com/news/root-cause-of-reboot-issue-identified-updated-guidance-for-customers-and-partners/
Share This :

Saya adalah seorang article writer dan kontributor di tanahpengetahuan.com. Sama seperti author, saya ingin mengedukasi masyarakat Indonesia akan pengetahuan.

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon