Pengertian Aljabar Dan Variabel Matematika

label
Aljabar adalah salah satu sub-bidang dari matematika bersamaan dengan teori bilangan, analisis dan geometri. Aljabar merupakan kata dari bahasa arab, yaitu "al-jabr" yang memiliki arti "pengumpulan bagian yang rusak". Dalam bentuk umum, aljabar adalah ilmu yang mempelajari simbol-simbol matematika dan aturan untuk memanipulasi simbol. Aljabar juga sebagai benang pemersatu dari hampir semua berbagai bidang matematika. 

Aljabar terbagi menjadi dua, yaitu Aljabar elementer dan Aljabar abstrak. Aljabar elementer umumnya selalu digunakan di setiap studi matematika, ilmu pengetahuan, atau teknik, serta pengaplikasian dalam bidang kesehatan dan ekonomi. Aljabar abstrak merupakan topik utama dalam matematika tingkat lanjut, yang dipelajari oleh para profesional dan pakar matematika.

Dalam aljabar, keberadaan hurud seperti x, y, z dan huruf-hurufnya sangatlah penting. Huruf-huruf itu disebut dengan variabel. Variabel mewakili angka yang tidak ditentukan dalam matermatika. Untuk mengevaluasi ekspresi aljabar, Anda harus mengganti angka untuk setiap variabel dan melakukan operasi aritmatika. 

6 + x = 12
Pada contoh di atas, variabel x sama dengan 6 karena 6 + 6 = 12.

Jika kita tahu nilai variabel kita, kita bisa mengganti variabel dengan nilai yang telah didefinisikan atau diketahui dan kemudian hitung operasinya.

Contoh
Hitung soal berikut untuk x = 3 dan z = 2
6z + 4x =?

Solusi: Ganti x dengan 3 dan z dengan 2 untuk mendapatkan hasil akhir.
6z + 4x =?
6⋅2 + 4⋅3 =?
12 + 12 = 24
Share This :

Saya adalah seorang article writer dan kontributor di tanahpengetahuan.com. Sama seperti author, saya ingin mengedukasi masyarakat Indonesia akan pengetahuan.

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon