Urutan Yang Benar Dalam Operasi Hitung Matematika

label
Sering kali kita menemukan operasi hitung yang unik atau kurang lengkap, seperti 3+7-4/2. Hal ini dapat membuat jawaban rancu karena terdapat 2 versi perhitungan. Yaitu dimana pembagian terlebih dahulu atau dihitung dari sebelah kiri terlebih dahulu, sehingga jika menghitung dari pembagian dahulu, maka hasilnya akan seperti:
3+7-(4/2) = 3+7-2=8
Sedangkan jika dari sebelah kiri terlebih dahulu, maka hasilnya akan:
 3+7-4/2=10-4/2=6/2=3
Soal diatas sama namun hasilnya berbeda. Padahal, perhitungan yang benar adalah yang diatas karena pembagian lebih prioritas dari penjumlahan sehingga kita harus menghitung dari pembagian terlebih dahulu. 

Untuk menghindari kebingungan seperti ini, matematikawan menetapkan urutan operasi standar untuk perhitungan yang benar dengan melibatkan lebih dari satu operasi hitung aritmatika atau matematika. Operasi aritmatika harus selalu dilakukan dengan urutan sebagai berikut:
  1. Hitung operasi yang terdapat di dalam tanda kurung (), tanda kurung [], tanda kurung {} dan pecahan untuk pembagian terlebih dahulu.
  2. Hitung operasi yang terdapat pangkat atau akar.
  3. Hitung operasi perkalian dan pembagian dari kiri ke kanan.
  4. Hitung operasi penambahan dan pengurangan dari kiri ke kanan.
Aturan ini mudah diingat karena memiliki sebutan dengan PEMDAS. Dimana PEMDAS memiliki arti:

1. Tanda kurung ("P"arentheses)
2. Pangkat dan akar ("E"xponents)
3. Perkalian dan pembagian ("M"ultiplication, "D"ivision)
4. Penjumlahan dan pengurangan ("A"ddition, "S"ubtraction)

Contoh dalam soal cerita:

Misalkan, kita ingin mengetahui berapa jam seseorang bekerja dalam dua hari dengan asumsi mereka bekerja selama 4 jam sebelum istirahat dan 3 jam setelah istirahat selama setiap hari. Pertama, cari tahu berapa jam orang itu bekerja setiap hari:

4 + 3 = 7 Jam

dan kemudian kalikan dengan jumlah hari orang tersebut bekerja:

7⋅2 = 14 Jam

Jika kita menulis contoh ini sebagai satu ekspresi matematika, kita perlu menggunakan tanda kurung untuk memastikan bahwa kita menghitung penambahan terlebih dahulu (karena kita menghitung jam dalam satu hari terlebih dahulu) :

(4 + 3) ⋅2 = 14

Refrensi: MathPlanet
Share This :

Saya adalah seorang article writer dan kontributor di tanahpengetahuan.com. Sama seperti author, saya ingin mengedukasi masyarakat Indonesia akan pengetahuan.

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon