BLANTERWISDOM101

Mengenal Definisi Algoritma dan Sejarah Algoritma

Rabu, 02 September 2020
  • Definisi Algoritma
Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia tidak akan terlepas dari masalah. Dari setiap masalah yang muncul diperlukan sebuah pemecahan masalah atau solusi dan setiap solusi dari masalah yang dipecahkan dengan bantuan teknologi komputer akan membutuhkan sebuah prosedur yang bernama algoritma. Definisi dari algoritma adalah suatu tata cara atau prosedur pemecahan suatu masalah dengan bantuan teknologi komputer yang bisa disebut juga sebagai logika (logic) dari suatu proses pemrograman.

pengertian algoritma dan sejarah algoritma
Singkatnya, Algoritma merupakan langkah-langkah atau tahapan komputasi yang mengubah masukan (input) menjadi keluaran (output) untuk menghasilkan sebuah solusi yang benar. Pada awalanya, Algoritma berbentuk logika pemecahan masalah yang kemudian ditulis dalam bentuk pemrograman komputer (source code). Setelah itu, source code tersebut perlu dilakukan proses kompilasi oleh mesin penerjemah (compiler, interpreter) menjadi barisan-barisan kode yang dapat dimengerti dan dijalankan oleh mesin komputer. 

Kode ini disebut juga dengan executable code. Pada saat excuteable code dijalankan, data dari pengguna atau user dapat dimasukkan melalui pengetikan pada keyboard atau membaca file dari pengguna, kemudian diolah dan hasilnya akan diinformasikan dalam bentuk tampilan di layar monitor, cetakan printer atau dalam bentuk file data kembali.

  • Sejarah Algoritma
Algoritma berasal dari seorang ilmuwan asal Persia yang bernama Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa al-Khowarizmi. al-Khowarizmi menulis buku berjudul Kitab al Jabr wa’al-muqabala (rules of restoration and reduction) pada sekitar tahun 825 Masehi. Terdapat beberapa kata yang mirip dengan algoritma seperti algorism dan algorithmus. Kata algorism digunakan untuk proses perhitungan aritmetika dengan menggunakan angka Arab. Sedangkan kata algoritmus digunakan pada kamus matematika Vollstandiges Mathematisches Lexicon (Leipzig, 1747) yang bersikan kombinasi dari empat jenis perhitungan matematika: penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian. 

al-khawarizmi algoritma

Dalam Frasa bahasa latin, algorithmus infinitesimalis saat ini digunakan untuk menyatakan cara berhitung dengan menggunakan bilangan kecil tidak terbatas seperti yang dikemukakan leibnitz. Pada tahun 1950, istilah algorithm selalu diasosiasikan dengan Euclid’s algorithm, yaitu suatu proses yang menjelaskan cara mencari bilangan pembagi terbesar untuk dua buah bilangan (greatest common divisor). 

Istilah algorithm diartikan sebagai prosedur langkah demi langkah untuk memecahkan masalah atau menyelesaikan suatu tugas khusus dengan menggunakan bantuan komputer pada Merriam-Webster’s Collegiate Dictionary. Pada kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefenisikan algoritma sebagai urutan logis dalam pengambilan keputusan memecahkan masalah.







Share This :
Nazrin NRN

Nazrin (ナズーリン Nazūrin) is a mouse youkai who's a skilled dowser and the leader of a great number of mice. As the leader of many mice, she often employs them to search for things for her; though if she were to ask them to find food, it would most likely be gone by the time they returned.

0 komentar