Membahas Secara Singkat Apa Itu Penelitian

Penelitian (disebut juga sebagai riset atau dalam bahasa inggris disebut Research) adalah sebuah kegiatan atau aktivitas pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif. Tujuan dari adanya kegiatan penelitian adalah untuk mendapatkan suatu informasi dan data yang bersifat akurat dan sesuai dengan bidang yang diteliti. 

Membahas Secara Singkat Apa Itu Penelitian

Hasil dari sebuah penelitian dapat disampaikan dalam bentuk lisan (Konferensi) atau tulisan (Karya Ilmiah). Hasil penelitian yang telah dibuat dan disampaikan dalam bentuk lisan dijadikan sebagai penjelas dari proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami oleh pendengar atau penyimak. 

Sedangkan untuk Hasil penelitian yang berbentuk tulisan dapat berupa laporan dari hasil penelitian atau karya ilmiah. Untuk membuat sebuah laporan hasil penelitian, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan kegiatan penelitiannya terlebih dahulu. Karena jika tidak melakukan penelitian, apa yang mau dilaporkan atau ditulis? 

Jadi, langkah atau syarat sebuah penelitian itu bisa dilakukan adalah:

1. Menentukan objek penelitian. Untuk menentukan objek penelitian dapat dicari melalui referensi dari penelitian sebelumnya atau mencari permasalahan saat ini, seperti masalah lingkungan (Contoh: Apa dampak dari pencemaran sungai dan bagaimana solusi terbaik yang dapat berdampak positif terhadap lingkungan secara langsung). 

2. Menentukan sisi menarik dari objek penelitian. Dengan menentukan sisi menarik dari objek atau permasalahan yang kita akan teliti, maka akan sangat mudah untuk mengindetifikasikan inti masalah agar dapat ditemukan solusi atas permasalahan yang diteliti (Contoh: Berdasarkan contoh sebelumnya, dampak dari pencemaran sungai dapat membuat ekosistem di sungai menjadi mati termasuk ekosistem di tanah sekitar sungai sehingga membuat tanah di sekitar sungai menjadi tidak subur). 

3. Pengumpulan data. Pengumpulan data wajib dilakukan agar penelitian yang kita kerjakan benar-benar akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

4. Pengolahan data yang meliputi identifikasi serta analisa data yang sudah dikumpulkan dari pengumpulan data sehingga bisa ditemukan kesimpulan akhir yang menjadi hasil dari penelitian. 

Berdasarkan syarat-syarat diatas, maka hal terpenting yang harus ada dalam sebuah penelitian adalah data. Dengan data yang telah dikumpulkan, maka akan ditemukan banyak sekali hal-hal atau permasalahan yang dapat diteliti.

Setelah melakukan penelitian dan membuat hasil tulisan (yang disebut karya ilmiah), maka kita dapat mempublikasikan hasil penelitian di lembaga atau institusi penelitian kita. Publikasi penelitian yang telah dibuat dapat dilakukan secara tertulis dan lisan. 

Publikasi yang dilakukan secara tertulis dapat dibuat menjadi sebuah jurnal (atau jika kuliah, maka dapat dibuat skripsi yang juga merupakan salah satu syarat kelulusan dari pembelajaran di perkuliahan atau perguruan tinggi). Untuk publikasi yang dilakukan secara lisan dapat dilakukan melalui sidang, seminar, diskusi ilmiah atau ceramah. 

presentasi hasil penelitian lisan

Dengan mempresentasikan karya ilmiah yang sudah dibuat dihadapan peserta seminar atau diskusi, maka mereka bisa mereka mengetahui apa yang telah kita teliti dan bisa mendapatkan pengetahuan baru yang bermanfaat.

Nazrin NRN

Nazrin (ナズーリン Nazūrin) is a mouse youkai who's a skilled dowser and the leader of a great number of mice. As the leader of many mice, she often employs them to search for things for her; though if she were to ask them to find food, it would most likely be gone by the time they returned.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama