Artikel Singkat: Kriptografi (Cryptography) dan Contohnya

Kriptografi telah menjadi alat yang sangat diperlukan untuk melindungi informasi dalam sistem komputer. Kriptografi telah digunakan di mana-mana oleh miliaran orang di seluruh dunia setiap harinya. Kriptografi digunakan untuk melindungi data tetap (file storage) dan data bergerak (file transmission). 

Artikel Singkat: Kriptografi (Cryptography) dan Contohnya

Sistem kriptografi merupakan bagian integral dari protokol standar, terutama protokol Transport Layer Security (TLS), sehingga relatif mudah untuk menggabungkan enkripsi yang kuat ke dalam berbagai aplikasi. Meskipun sangat berguna, kriptografi juga sangat rapuh. Sistem kriptografi yang paling aman sekalipun dapat menjadi tidak aman sama sekali jika terdapat satu kebocoran baik karena diretas maupun kesalahan pemrograman itu sendiri.

Contoh dari pengaplikasian kriptografi adalah semisal Alice dan Bob ingin berbagi pesan rahasia. Bagaimana cara untuk mengirim pesan rahasia tersebut? Alice dapat mengirimkan pesan (didefinisikan sebagai m) melalui jalur atau jaringan luar dengan pesan (m) yang sudah terlindungi dengan kunci rahasia (didefinisikan sebagai k) kepada Bob. Bob dapat membuka pesan (m) dari Alice jika Alice membagikan kunci rahasia (k) kepada Bob. Begitu pula sebaiknya.


Nazrin NRN

Just ordinary content writer and blog admin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama