Pilihan Website Belajar Programming Otodidak Terbaik

label

Orang-orang zaman sekarang hidup di dunia IT (Informasi Teknologi), bahkan sudah menjadi bagian dari hidup. Karena IT sendiri telah banyak membantu pekerjaan orang-orang meskipun itu hal yang mudah dilakukan, seperti mencatat atau menghitung. Bahkan dapat juga mengambil moment dengan foto dan video atau mengamankan data dengan fitur keamanan sidik jari. Banyak manfaat yang dapat diambil dari IT dan hal itu membuat orang-orang menjadi antusias dengan perkembangan IT dan akhirnya ingin terjun kedalamnya dan bisa jadi anda yang membaca ini ingin merasakan bagaimana belajar tentang IT atau bahkan membuat hal yang bermanfaat untuk orang lain dengan IT.

Segala Bidang Dalam Genggaman IT
IT sendiri terbagi menjadi berberapa bagian dan salah satu bidang IT yang sangat penting adalah Pemrograman. Karena dengan pemrograman lah kita bisa mengenal bahkan menggunakan komputer dan seisinya. Tidak hanya komputer, tetapi hampir semua bidang dalam dunia ini IT Pemrograman mempunyai perannya seperti bidang teknologi, pendidikan, transportasi, ekonomi, hukum, kesehatan bahkan keamanan dan privasi. Pemrograman dibuat dengan menggunakan komputer dan logika manusia. Dan dari situlah, lahir yang disebut dengan Bahasa Pemrograman. 

Pemrograman mempunyai banyak bahasa tergantung dari prinsip kerja dan pengaplikasiannya. Karena setiap bahasa pemrograman sendiri mempunyai alur dan hasil yang berbeda. meskipun begitu, bahasa pemrograman yang berbeda-beda bisa digabungkan menjadi sebuah kesatuan aplikasi yang sangat bermanfaat. Sebagai contoh, aplikasi browser dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C/C++ sedangkan untuk menampilkan halaman informasi didalam aplikasi browser membutuhkan aplikasi website yang dibuat dari HTML, CSS dan Javascript. 

belajar koding pemrograman
Coding CSS
Untuk membuat pemrograman, dibutuhkan kemampuan untuk membuat program dengan bahasa pemrograman dan kemapuan ini sering disebut dengan Koding. Setiap orang mempunyai keahlian dalam bahasa pemrograman tertentu, karena kemampuan logika dan menerjemahkan kode-kode script setiap orang berbeda-beda, maka tidak semua bahasa pemrograman bisa dikuasai, termasuk bidang-bidang didalam IT. Dan postingan kali ini akan dibahas berbagai website yang dapat membantu anda dalam belajar bahasa pemrograman secara otodidak, tentu saja website pembelajarannya gratis dan berkualitas. Inilah website-website pembelajaran bahasa pemrograman terbaik pilihan tanahpengetahuan.com.

1. Anda ingin menjadi seorang pengembang website (Web Developer)? Pelajari pemrograman berbasis web bersama w3schools.com


pemrograman berbasis web

Jika anda menjadi seorang desainer website atau menjadi pengembang website (termasuk aplikasi website), anda dapat mengunjungi w3schools untuk belajar tentang pemrograman berbasis web. Di w3schools, anda akan diajarkan dasar-dasar membuat website mulai dari membuat kerangka utama website dengan HTML, memperindah website dengan CSS, membuat website menjadi interaktif dengan Javascript bahkan membuat website secara utuh dan dinamis dengan PHP serta membuat database website dengan MySQL. Semua yang anda butuhkan untuk belajar pemrograman web tersedia disini dari dasar sampai tingkat lanjut. 

w3schools sendiri menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya, meskipun begitu. Anda dapat langsung mencoba berbagai kode (script) dan fungsi yang disediakan didalam w3schools melalui tutorial dan halaman praktek didalam website tersebut sehingga membuat anda cepat paham akan kode dan fungsinya.

2. Anda ingin memahami bagaimana logika dasar dari pemrograman? Pelajari bahasa C dari CODEPOLITAN


belajar logika pemrograman bahasa c

Pemrograman membutuhkan logika untuk menjalankan instruksi dan menyelesaikan masalah. logika tersebut harus berurutan dan berjalan secara efisien dan logika tersebut bernama Algoritma. Untuk mempelajari Algoritma, lebih mudah menggunakan bahasa pemrograman C sebagai pengaplikasiannya. Karena alur kerja dari bahasa pemrograman ini tidak begitu sulit dan sangat cocok untuk pembelajaran dasar dari pengembangan aplikasi desktop. Dan untuk mempelajari bahasa pemrograman C, website CODEPOLITAN dapat menjadi solusi terbaik karena website ini sudah berbahasa Indonesia dan tersedia materi-materi dengan tutorial dan website ini sangat interaktif karena dapat melakukan praktek langsung di website tersebut, sama seperti w3schools.com. Namun, untuk belajar di CODEPOLITAN, anda harus mendaftarkan diri untuk membuat akun di website tersebut.

3. Selain bahasa pemrograman C, kamu juga dapat belajar bahasa pemrograman Java melalui CODEPOLITAN & Codeacademy


pemrograman berbasis oop java

Yak betul, tidak hanya bahasa C, CODEPOLITAN juga menyediakan pembelajaran bahasa pemrograman lain seperti Java dan pemrograman website. Bahasa pemrograman Java banyak digunakan untuk pembelajaran pemrograman berorientasi objek (OOP) dan saat ini, bahasa Java juga digunakan sebagai dasar dari pengembangan aplikasi native untuk perangkat Android. Bahasa pemrograman Java dapat digunakan untuk membuat data mining, kecerdasan buatan, aplikasi mobile, enterprise architecture dan lain-lain. Untuk situs yang menggunakan bahasa Inggris, anda dapat menggunakan website Codeacademy untuk pembelajaran yang lebih lengkap.

4. Anda ingin mengembangkan aplikasi untuk sains dan sistem administrasi secara mudah? Pelajarilah Phyton di Belajarphyton!


pemrograman berbasis phyton

Phyton merupakan bahasa pemrograman interpretatif yang multiguna. Phyton dibuat untuk memudahkan pembacaan kode agar sintaks mudah dipahami. Hal ini membuat phyton mudah dipelajari baik untuk kalangan pemula sampai kalangan programmer yang menguasai bahasa pemrograman lain. Meskipun begitu, penggunaan bahasa Phyton sangatlah luas. Phyton dapat digunakan untuk website, sistem administrasi, sampai data sains dan kecerdasan buatan. Saat ini, Phyton dapat digunakan juga untuk Machine Learning dan cloud. Untuk mempelajari Phyton, sudah hadir website pembelajaran bahasa pemrograman Phyton dengan bahasa pengantarnya yaitu bahasa Indonesia. Website tersebut bernama Belajarphyton, untuk mengaksesnya anda dapat mengetik url: www.belajarphyton.com

Di website Belajarphyton, anda akan diajari bagaimana memulai belajar phyton, dasar-dasar pemrograman phyton hingga pembelajaran tingkat lanjut. Untuk mencoba berbagai kode yang diajarkan, anda harus menginstal phyton terlebih dahulu atau mencobanya secara online melalui website kompiler repl.it (https://repl.it/).

5. Ingin mempelajari bahasa pemrograman bahasa lain seperti Visual Basic, C++, Assembly dan bahasa pemrograman lain dari perguruan tinggi terbaik di dunia secara gratis? Kunjungi EdX.



Masih banyak bahasa pemrograman yang dapat dipelajari. Selain bahasa pemrograman diatas, masih terdapat bahasa pemrograman yang cukup populer seperti Visual Basic, C++, bahasa Assembly (jika anda ingin mempelajari bahasa pemrograman mesin) dan bahasa lainnya. Untuk mempelajari bahasa pemrograman tersebut, anda dapat mengunjungi website EdX (https://www.edx.org). EdX adalah organisasi edukasi yang memberikan pelayanan dan pembelajaran (edukasi) berbagai bidang pendidikan. Materi-materi yang disediakan oleh EdX berasal dari universitas dan perguruan terbaik di dunia seperti MIT, Havard,Oxford dan lainnya. Anda dapat melakukan pembelajaran bahasa pemrograman dari perguruan tinggi terbaik cukup dengan memasukkan queri atau kata kunci berupa bahasa pemrograman apa yang ingin dipelajari dan berbagai pilihan materi dan latihan (course) akan muncul. Anda dapat memilih sesuai dengan keinginan anda. Untuk belajar dengan menggunakan EdX, anda harus membuat akun EdX anda terlebih dahulu. Karena website ini mengambil materi dari universitas terbaik di seluruh dunia, maka bahasa pengantar dalam website ini adalah bahasa Inggris.

Itulah website-website pembelajaran bahasa pemrograman pilihan kami. Website-website tersebut mempunyai materi lengkap tentang bahasa pemrograman yang ada dengan pembahasan atau tutorial yang mudah untuk dipahami dan diaplikasikan. Selain pembelajaran, berberapa website rekomendasi diatas dapat melakukan sertifikasi (pengujian kemampuan untuk menghasilkan sertifikat) kemampuan agar kemampuan anda diakui dan sertifikat yang didapat dari website tersebut dapat membantu anda dalam karir anda. Sekedar catatan, untuk melakukan sertifikasi harus mengeluarkan biaya terutama sertifikasi website Internasional (seperti w3schools atau EdX).

Daftar Website Rekomendasi:
  1. w3schools
  2. CODEPOLITAN
  3. Codeacademy
  4. Belajarphyton
  5. EdX


Daftar Website Belajar Pemrograman Lainnya:



Share This :

Saya adalah seorang article writer dan kontributor di tanahpengetahuan.com. Sama seperti author, saya ingin mengedukasi masyarakat Indonesia akan pengetahuan.

Related Post

avatar

Sangat membantu dalam tugas saya. semoga dapat pahala akhi

delete January 26, 2018 at 9:13 AM



sentiment_satisfied Emoticon