Memperkenalkan Teknologi 5G, Teknologi Internet Dengan Latensi Rendah dan Berkecepatan Tinggi

label
Generasi keempat jaringan internet yaitu 4G mulai dipekernalkan pada akhir tahun 2000-an. 4G membuat kecepatan internet seluler hingga 500 kali lebih cepat daripada 3G dan memungkinkan dukungan TV HD pada video call berkualitas tinggi, dan penjelajahan internet secara cepat dengan seluler. Perkembangan 4G adalah prestasi besar untuk teknologi seluler, terutama untuk perkembangan smartphone dan tablet.

4G sekarang sudah menjadi kebutuhan internet utama di seluruh dunia, tetapi hal tersebut akan berubah lagi. Internet of Things sekarang merupakan kemungkinan nyata dan 4G tidak akan dapat mengelola sejumlah besar koneksi yang ada di jaringan IoT. Diprediksi dakan ada lebih dari 20 miliar perangkat yang terhubung pada tahun 2020, yang semuanya membutuhkan koneksi dengan kapasitas besar. Di sinilah 5G mulai berlaku.
Teknologi Internet 5G
Teknologi Internet 5G
5G telah mulai membuat sensasi baru-baru ini ketika kami melihat uji coba pertama dari kemampuan jaringan yang sedang berlangsung. Terlebih lagi, beberapa kemampuan 5G diperagakan selama Pertandingan Musim Dingin 2018 di PyeongChang dan Asian Games Jakarta - Palembang 2018.

Jadi, apa yang membuat Teknologi 5G sangat berbeda dari 4G?

Cukup dikatakan, teknologi 5G secara luas diyakini lebih pintar, lebih cepat dan lebih efisien daripada 4G. Jaringan 5G menjanjikan kecepatan data seluler yang jauh melampaui jaringan broadband rumah tercepat saat ini. Dengan kecepatan hingga 100 gigabit per detik, 5G diatur menjadi 1.000 kali lebih cepat daripada 4G.
Kecepatan 5G yang diprediksi hingga 10 Gbps
Kecepatan 5G yang diprediksi hingga 10 Gbps
Latensi rendah adalah pembeda utama antara 4G dan 5G. Latensi adalah waktu yang dibutuhkan perangkat untuk mengirimkan informasi sampai diterima oleh penerima. Pengurangan latensi berarti Anda dapat menggunakan koneksi perangkat seluler Anda sebagai pengganti modem kabel dan Wi-Fi. Selain itu, Anda dapat mengunduh dan mengunggah file dengan cepat dan mudah, tanpa harus khawatir jaringan atau ponsel tiba-tiba mati. Anda juga dapat menonton video 4K tanpa harus mengalami buffering.

5G akan dapat memperbaiki masalah bandwidth. Saat ini, ada begitu banyak perangkat yang terhubung ke jaringan 3G dan 4G, sehingga mereka tidak memiliki infrastruktur yang memadai. 5G akan mampu menangani perangkat saat ini dan teknologi yang sedang berkembang seperti mobil tanpa pengemudi dan produk rumah yang terhubung.

Tetapi harus diingat bahwa semua skenario ini masih teoritis, dan ini akan membutuhkan banyak investasi oleh pemerintah dan operator jaringan seluler untuk membuatnya bekerja. Aspek keamanan 5G juga masih perlu dipikirkan. Dengan jumlah pengguna yang lebih banyak dan layanan yang lebih baik, 5G membuka pintu ke tingkat ancaman baru. Pemerintah dan operator seluler harus memiliki tingkat keamanan yang tinggi sebelum 5G dapat diluncurkan.
Intel and Huawei showcase 5G interoperability
Intel and Huawei showcase 5G interoperability
Apa Manfaat Jaringan 5G bagi kehidupan nyata dan masa depan?

Teknologi Jaringan 5G umumnya digunakan untuk meningkatkan kualitas penggunaan internet real-time. Seperti VoIP (Video IP), Video Call, Live Streaming, dsb. Selain itu, dapat digunakan:
- Untuk video cofference seperti Skype
- Untuk Live Streaming seperti Youtube, Twitch, Facebook Live, Instagram
- Untuk Mengurangi Buffering video pada Youtube, dsb.
- Untuk Internet of Things, dapat digunakan untuk menghubungkan smartphone dengan CCTV secara real-time dan akurat.
- Untuk Internet of Things, dapat digunakan untuk perangkat kecerdasan buatan (AI) berbasis cloud seperti Mobil Tanpa Supir, Pengelolaan server, dsb.

Itulah penggunaan teknologi 5G. Diharapkan, teknologi 5G menjadi solusi dalam kestabilan dan kecepatan internet serta mengurangi biaya infrastruktur sehingga dapat menjangkau semua wilayah di dunia termasuk wilayah pelosok seperti pegunungan, dsb.
Share This :

Saya adalah seorang article writer dan kontributor di tanahpengetahuan.com. Sama seperti author, saya ingin mengedukasi masyarakat Indonesia akan pengetahuan.

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon