BLANTERWISDOM101

Membahas Definisi, Tujuan dan Manfaat Karya Ilmiah

Kamis, 17 September 2020

Definisi Karya Ilmiah

Karya Ilmiah berasal dari kata dalam bahasa Inggris: scientific paper yang artinya lembaran ilmiah. Menurut Dwiloka dan Riana (Teknik Menulis Karya Ilmiah, Rineka Cipta, Jakarta, 2005:8), karya ilmiah adalah karya seorang ilmuwan (dalam bentuk pembangunan) yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang diperoleh melalui literatur, koleksi pengalaman, penelitian.

Membahas Definisi, Tujuan dan Manfaat Karya Ilmiah

Sedangkan berdasarkan pemaparan dari Munawar Syamsudin (1994), penulisan ilmiah dapat dikatakan sebuah naskah yang mempelajari atau membahas masalah tertentu atas dasar konsepsi ilmiah tertentu dengan metode tertentu dari presentasi secara keseluruhan secara teratur dan konsisten. 

Dengan pemaparan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa karya ilmiah adalah karya tulis yang disusun oleh seorang peneliti atau ilmuwan berdasarkan hasil dari penelitian ilmiah yang telah dilakukannya secara teratur dan konsisten.


Tujuan Karya Ilmiah

Tujuan dari penulisan karya ilmiah dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Untuk melatih mengeluarkan sebuah pemikiran-pemikiran atau hasil penelitian dalam bentuk tulisan atau karya ilmiah yang metodologis dan sistematis . 

2. Menumbuhkan sikap etos kerja ilmiah di kalangan mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa tidak hanya pengkonsumsi ilmu pengetahuan, tetapi juga dapat menjadi penghasil (atau produsen) hasil pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama saat mahasiswa tersebut telah menyelesaikan studinya. 

3. Membuktikan wawasan serta potensi-potensi ilmiah yang ada dalam diri mahasiswa untuk menghadapi, mempelajari dan menyelesaikan masalah dalam bentuk tulisan karya ilmiah setelah mahasiswa memperoleh pendidikan dan pengetahuan dari jurusannya. 

4. Karya ilmiah diharapkan menjadi sebuah wahana transformasi pengetahuan antara lembaga pendidikan seperti sekolah atau kampus dengan masyarakat, atau orang-orang yang berminat dalam membacanya, baik untuk menambah wawasan atau penelitian. 

5. Melatih mahasiswa dalam keterampilan dasar untuk melakukan penelitian secara benar dan teratur.


Manfaat Karya Ilmiah       

Manfaat penulisan karya ilmiah bagi orang yang menulisnya adalah:

1. Melatih mengembangkan ketrampilan membaca yang efektif; 

2. Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai refrensi atau sumber; 

3. Mengenalkan tentang kegiatan perpustakaan; 

4. Meningkatkan pengaturan atau pengorganisasian fakta-fakta/data-data secara jelas dan sistematis; 

5. Memperoleh kepuasan intelektual; Sebagai bahan/acuan penelitian yang terdahulu untuk penelitian selanjutnya.

Share This :
Nazrin NRN

Nazrin (ナズーリン Nazūrin) is a mouse youkai who's a skilled dowser and the leader of a great number of mice. As the leader of many mice, she often employs them to search for things for her; though if she were to ask them to find food, it would most likely be gone by the time they returned.

0 komentar