BLANTERWISDOM101

Pengertian Alat Transduser Serta Berbagai Jenisnya Dalam Komponen-Komponen Elektronika

Senin, 23 November 2020

Dalam proses pengumpulan energi, jumlah energi yang didapatkan harus terukur agar tidak kurang atau lebih. Biasanya dihitung dengan bantuan alat tertentu. Alat tersebut adalah Transduser. Transduser atau Tranducer istilah bahasa inggris berasal dari bahasa yaitu "Traducere" yang mempunyai arti "Menkonversi." Pengertian dari Transduser adalah seperangkat alat yang dapat mengubah bentuk energi ke energi lainnya sesuai dengan kemampuan transdusernya sendiri. beberapa energi seperti energi elektromagnetik, listrik, elektromagnetik, kimia, bunyi, bunyi, cahaya, uap dan lainnya yang diubah ke bentuk energi lain dengan menggunakan transduser. Transduser sama dengan sensor. Jika sensor digunakan untuk pendeteksi, maka transduser digunakan untuk mengubah bentuk energi.

Pengertian Alat Transduser Dan Bentuk Jenisnya Di Komponen Elektronika

Transduser terbagi menjadi dua macam jenis, yaitu Transduser Input & Transduser Output. Transduser Input adalah proses dari transduser yang mengubah bentuk energi dari energi fisik atau kinetik menjadi sinyal-sinyal listrik atau tegangan listrik (Resistansi). Berbagai energi fisik yang disebutkan sebelumnya dapat berupa tekanan, cahaya, suhu, atau gelombang suara. Contoh dari transduser input adalah mikropon (Microphone atau Mic), mikrofon dapat mengubah energi suara yang memiliki bentuk gelombang menjadi sinyal-sinyal listrik yang disalurkan melalui kabel. Transduser Input memiliki kesamaan dengan sensor.

pengertian alat transduser

Sedangkan Transduser Output merupakan transduser yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi berbagai macam bentuk energi fisik.  Contoh dari transduser output adalah Loudspeaker. Loudspeaker atau sering disebut dengan speaker dapat mengubah sinyal listrik menjadi energi suara yang mampu didengar oleh manusia. Transduser Output dapat disebut juga sebagai Actuator.

perubahan energi transduser ke sensor

komponen-komponen elektronika mempunyai jenis-jenis transdusernya masing-masing. Komponen-komponen yang termasuk kedalam jenis Transduser Input adalah:

  • Thermistor: Mengubah energi suhu (panas/dingin) menjadi sinyal listrik (Resistansi atau Hambatan) 
  • Light Dependent Resistor (LDR):
    - Mengubah energi cahaya menjadi sinyal listrik (dalam bentuk Resistansi atau Hambatan)
    - Mikropon (Mic): Mengubah energi suara (gelombang) menjadi sinyal listrik
    - Variable Resistor: Mengubah energi potensial (potensiometer) menjadi sinyal listrik (dalam bentuk Resistansi atau Hambatan) 

Sedangkan komponen-komponen elektronika yang terdapat transduser output adalah

  • Motor Rotary: Mengubah energi listrik menjadi energi gerak (motion) 
  • Heater: Mengubah energi listrik menjadi energi panas
  • LED / Lampu: Mengubah energi listrik menjadi energi cahaya
  • Loudspeaker: Mengubah sinyal listrik menjadi energi suara

Transduser Input dan Transduser Output dapat digabungkan menjadi satu kesatuan perangkat. Saat ini sudah banyak alat-alat yang memiliki transduser gabungan. Contohnya adalah Termometer. Termometer mengubah suhu yang berada di badan manusia menjadi sinyal listrik yang selanjutnya sinyal listrik tersebut diproses oleh serangkaian proses elektronik menjadi tampilan yang berbentuk angka. Angka tersebut merupakan hasil pengukuran dari suhu yang diukur.

Share This :
Nazrin NRN

Nazrin (ナズーリン Nazūrin) is a mouse youkai who's a skilled dowser and the leader of a great number of mice. As the leader of many mice, she often employs them to search for things for her; though if she were to ask them to find food, it would most likely be gone by the time they returned.

0 komentar