Atlassian Meluncurkan Forge, Platform Pengembangan Aplikasi Tanpa Server

label
Sebuah perusahaan teknologi asal Australia, Atlassian, telah menciptakan platform pengembangan baru yang bernama Forge. Platform ini hadir untuk untuk menyederhanakan pembuatan aplikasi pihak ketiga (third-party app) yang sering dipakai oleh aplikasi utama. Perusahaan Australia menawarkan berbagai aplikasi manajemen proyek dan kolaborasi, termasuk Jira Software, Confluence, Trello dan Bitbucket. 

Atlassian

Perusahaan teknologi Australia ini mengklaim memiliki salah satu ekosistem pengembang terbesar di antara vendor perangkat lunak dalam hal layanan atau service, yaitu Atlassian Marketplace yang dimana layanan ini memiliki lebih dari 4.000 aplikasi dan menyumbang lebih dari $1 miliar total penjualan sejak diluncurkan pada tahun 2012 lalu.

Dengan Forge, Atlassian ingin membuatnya pengembang dapat lebih mudah membuat aplikasi. Elemen kunci dari Forge adalah Forge ini dibangun di atas platform Lambda tanpa layanan fungsi server (function-as-a-service (FaaS)) di Amazon Web Service. Hal ini membuat pengembang dapat membangun perangkat lunak tanpa perlu khawatir melakukan pengelolaan infrastruktur dan elemen seperti otentikasi, identitas, dan skala.

Selain itu, Furge hanya membutuhkan lebih sedikit kode untuk dibuat sehingga membuat platform lebih mudah diakses oleh berbagai pengguna.

"Kami menurunkan standar untuk membangun aplikasi di Atlassian sehingga pengembang dapat mengurangi 10 kali kode lebih sedikit," kata Mike Tria, kepala infrastruktur di Atlassian. “Kami tidak memerlukan keahlian yang mendalam untuk bisa membangun produk SaaS Anda sendiri, yang  masih diperlukan untuk membangun aplikasi cloud.”

Atlassian juga telah memperkenalkan Forge UI, bahasa markup deklaratif yang dapat digunakan pengembang untuk membangun dan menyesuaikan tampilan aplikasi dalam "hitungan menit,". Selain itu, alat antarmuka berbasis baris perintah (CLI) akan membuatnya lebih mudah untuk mengelola aplikasi; creation, testing and deployment dalam aplikasi Forge merupakan bagian dari rantai DevOps yang berkelanjutan dan ditenagai oleh Bitbucket Pipelines.

Sumber: https://www.computerworld.com/article/3509961/atlassian-unveils-forge-its-serverless-app-development-platform.html
Share This :

Nazrin (ナズーリン Nazūrin) is a mouse youkai who's a skilled dowser and the leader of a great number of mice. As the leader of many mice, she often employs them to search for things for her; though if she were to ask them to find food, it would most likely be gone by the time they returned.

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon