Langkah-Langkah Menyusun Teks Pidato Yang Baik Dan Menarik Bagi Audiens

Dalam kehidupan bermasyarakat, ada kalanya seseorang diminta untuk melakukan kegiatan berpidato. Terlebih dalam bermasyarakat seseorang dapat aktif dalam organisasi, sehingga seringkali diminta untuk memberikan sambutan dalam bentuk pidato dalam acara tertentu. 

Jika sudah terbiasa berpidato, maka hal semacam itu tidaklah sulit, namun apabila belum terbiasa berpidato maka berpidato dapat menjadi suatu kegiatan yang cukup memberatkan. 

Langkah-Langkah Merencanakan Teks Pidato Yang Baik Dan Menarik Bagi Audiens

Oleh sebab pastikan sudah merencanakan dan mempersiapkan terlebih dahulu rencana-rencana yang akan dilakukan sebelum berpidato,  sehingga dapat melakukan kegiatan pidato dengan baik. 

Dalam menyusun teks pidato yang baik dan menarik, terdapat langkah-langkah terbaik yang dapat diikuti seperti langkah-langkah dibawah ini:

1. Menentukan Tujuan Berpidato

Menentukan tujuan pidato menjadi langkah pertama yang sangat penting. Tujuan dari pidato sangat berpengaruh dalam menentukan topik pembicaraan, batasan topik, gaya dan bahasa pidato yang akan dilakukan saat berpidato. 

2. Menentukan/Memilih Topik Pembicaraan 

Menentukan/Memilih Topik Pembicaraan tentulah harus relevan dan menarik. Topik pidato harus sesuai dengan tujuan dan kebutuhan pendengar (audiens). Topik pidato yang tidak relevan atau pidato yang tidak sesuai dengan topik yang akan disampaikan dapat menjadi kesalahan yang fatal dan mengakibatkan audiens atau pendengar pidato menjadi tidak mengerti dengan pidato yang disampaikan. Selain itu, topik yang menarik dan sesuai dengan keinginan audiens dapat membuat audiens menyimak uraian pidato yang disampaikan. 

3. Membatasi Pembahasan Topik Yang Dibawakan 

Dalam melakukan pidato, tidak mungkin seseorang dapat menyampaikan bahasan pidato secara detail atau terperinci dalam waktu yang singkat dan terbatas. Oleh karena itu, membatasi topik yang dibawakan saat berpidato akan sangat membantu dalam mengektifkan kegiatan pidato sehingga pidato dapat tersampaikan secara tepat dan menarik. Pembicaraan yang terlalu melebar dapat membuat audiens memberi kesan pidato yang disampaikan tidak jelas. 

4. Mengumpulkan Bahan atau Materi Pidato

Mengumpulkan bahan atau materi pidato yang akan dibicarakan sangatlah penting agar isi pidato dapat tersampaikan dengan jelas. Saat ini, banyak bahan-bahan pidato yang dapat dijadikan referensi dalam menyusun teks pidato, seperti buku-buku, majalah, ensiklopedia, koran atau surat kabar, berita TV, Internet atau melakukan wawancara dengan seorang ahli yang ahli dibidang tertentu. 

5. Menyusun Bahan atau Materi Menjadi Teks Pidato Utuh

Mulailah menyusun bahan-bahan atau materi yang sudah dikumpulkan menjadi uraian teks pidato yang utuh dan lengkap. Pastikan juga bahan atau materi yang diambil sesuai dengan topik yang ingin disampaikan. Dalam menyusun teks pidato, biasanya diawali dengan kalimat pembuka pidato, pendahuluan, isi, kesimpulan, dan diakhiri dengan kalimat penutup.

Langkah-Langkah Merencanakan Teks Pidato Yang Baik Dan Menarik Bagi Audiens


Nazrin NRN

Just ordinary content writer and blog admin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama