Mengenal Lebih Jauh Wi-Fi 6: Wi-Fi Generasi Terbaru Berkecepatan Tinggi

label
Setiap hari, kita hidup di dunia jaringan. Semua perangkat komputasi dapat terhubung ke internet, baik komputer bisnis, laptop, atau smartphone. Dukungan Wi-Fi terhadap kualitas jaringan pun semakin berkembang jauh.

Wi-Fi 6 adalah konektivitas tanpa batas yang akan dibutuhkan oleh banyak orang. Saat Wi-Fi 11ac (sekarang dinamai ulang sebagai Wi-Fi 5) diluncurkan, telah terjadi dengan peningkatan kecepatan secara drastis (2,8 × lebih cepat) dibandingkan dengan versi sebelumnya.  namun saat ini, Wi-Fi 5 menghadapi tantangan baru.

mengenal apa itu standar wifi 6 wifi generasi terbaru

Berkat proliferasi perangkat rumah pintar dan Internet of Things (IoT), jaringan rumahmu akan mengalami sedikit kesulitan. Masing-masing perangkat ini membutuhkan akses ke internet, dan dengan begitu banyak perangkat yang terhubung, router Anda akan kewalahan, sehingga konektivitas jaringan Anda akan terhenti.

Dan tidak ada akhir dalam selera kita untuk memilih perangkat pintar, mengambil speaker pintar, serta 40% dari rumah tangga di Inggris berencana untuk membeli perangkat asisten rumah digital yang dikontrol suara dalam lima tahun ke depan.

Untuk memenuhi permintaan konsumen, Wi-Fi sekarang menyambutnya dengan menghadirkan standar baru — Wi-Fi 6 dimana Wi-Fi 5 berfokus pada peningkatan kecepatan, Wi-Fi 6 dirancang untuk melakukan lebih dari sekadar meningkatkan kecepatan.

Hadirnya Wi-Fi 6 bertujuan untuk mengatasi antrian, mengurangi latensi dan memenuhi kebutuhan akan konektivitas Wi-Fi yang efisien, dengan mendukung koneksi perangkat yang lebih simultan tanpa mengorbankan performa. Tetapi pertama-tama, kita harus benar-benar menjawab pertanyaan dasar.

Apa itu Wi-Fi 6?
Wi-Fi 6 adalah standar Wi-Fi generasi terbaru. Wi-Fi 6 memiliki arti Wi-Fi yang merupakan jaringan penghubung tanpa kabel (nirkabel) ke internet. Sedangkan Angka 6 menunjukkan perulangan keenam dari standar Wi-Fi. Seperti standar Wi-Fi sebelumnya, Wi-Fi 6 dibangun untuk memfasilitasi peningkatan kecepatan jaringan berkecepatan tinggi ditambah mengatasi antrian perangkat yang terhubung sebelumnya.

Wi-Fi 6 dirancang untuk memfasilitasi konsumsi data yang besar hari ini. Banyaknya layanan streaming saat ini seperti Netflix, YouTube dan Twitch, membuat setiap rumah membutuhkan jaringan berkecepatan tinggi, stabil dan aman, termasuk extender Wi-Fi. Di rumah-rumah yang padat itulah manfaat dari Wi-Fi 6 sangat terasa. Dengan satu perangkat yang terhubung Wi-Fi 6 memungkinkan kecepatan transfer data hingga 40% lebih cepat dibandingkan dengan Wi-Fi 5. Namun, itu di bawah beban jaringan yang berat, Wi-Fi 6 masih dapat diandalkan.

Lebih cepat dari Gigabit
Pada dasarnya, Wi-Fi 6 memungkinkan transfer data lebih cepat daripada kecepatan transfer data Gigabit melalui nirkabel. Dalam pengujian dunia nyata, kecepatan tunggal Wi-Fi 6 telah dinaikkan menjadi 1,2 Gbps — 20% lebih cepat daripada menghubungkan melalui gigabit Ethernet.

Saat Anda melihat kecepatan tertinggi teoretis, Wi-Fi 6 mencapai 9,6 Gbps (dibandingkan dengan Wi-Fi 5 yang beroperasi pada 6,9 Gbps). Sebagian besar router nirkabel saat ini tidak dapat mendukung kecepatan ini — diperlukan 8 antena dan sejumlah besar daya — namun kecepatan nirkabel yang lebih tinggi dari 1 Gbps tetap memberikan tiga keunggulan inti:
  • Pengguna dapat memanfaatkan sepenuhnya potensi bandwidth mereka saat menghubungkan satu perangkat,
  • Dalam skenario yang lebih mungkin (banyak perangkat terhubung disaat bersamaan), lebih banyak pengguna dapat berbagi Wi-Fi berkecepatan tinggi dengan bandwidth tinggi disaat bersamaan.
  • Intranet didalam rumah dapat membuat unduhan, streaming, dan transfer file di dalam rumah menjadi lebih cepat dan lebih mudah.

Lebih banyak perangkat dan koneksi yang lebih lancar
Kebutuhan untuk generasi baru jaringan wireless yang kuat dan berkinerja tinggi sedang diperkuat oleh penggunaan cepat dari perangkat konsumen yang terhubung. Diperkirakan pada tahun 2030, rata-rata orang akan memiliki 15 perangkat yang terhubung dan jaringan harus siap untuk melakukan yang terbaik ketika pengguna terus-menerus memperluas perangkat mereka dan menggunakan router Wi-Fi untuk menghubungkan sejumlah perangkat secara bersamaan.
Ketika perangkat ditambahkan ke jaringan, kinerja biasanya berkurang karena router hanya dapat berkomunikasi dengan satu perangkat pada satu waktu (meskipun teknologi nirkabel multi-pengguna, MU-MIMO memungkinkan komunikasi simultan untuk hingga empat perangkat). Ini menyebabkan perangkat lain menunggu sehingga berdampak pada pengurangan kecepatan. 

Wi-Fi 5 telah berjuang untuk mengatasi masalah ini. Misalnya, mengunduh video mungkin membuat permainan Anda menjadi lambat atau melakukan video call dengan teman anda tidak begitu lancar ketika salah satu anggota keluarga melakukan streaming film HD atau mendengarkan Spotify di earbud wireless.

Untuk membuat berbagi Wi-Fi tanpa gesekan setiap pengguna, Wi-Fi 6 memperkenalkan teknologi inti yang secara drastis meningkatkan konektivitas - OFDMA - yang menghitung kebutuhan bandwidth setiap klien. Ini memungkinkan pengiriman atau penerimaan data banyak klien dalam satu jaringan secara serentak, sehingga kinerja Wi-Fi tetap mulus. Jumlah data yang dikirimkan dapat dipantau dengan alat pemantauan jaringan. 

Teknologi ini melayani aplikasi modern seperti router game dan streaming dengan sangat baik, dengan memotong latensi dan meningkatkan kecepatan rata-rata. Teknologi OFDMA diaplikasikan ke jaringan seluler untuk meningkatkan kecepatan transfer data ke ponsel dan berhasil mengatasi masalah antrian. Sekarang, Anda tahu mengapa jaringan Wi-Fi di bandara agak sedikit lambat, namun ponsel Anda dapat melakukan streaming video dengan sempurna di lokasi yang sama dengan beralih ke jaringan seluler 4G.

MU-MIMO juga mendapatkan make over di Wi-Fi 6. MU-MIMO diperkenalkan di Wi-Fi 5 sebagai amandemen dan memungkinkan hingga empat aliran untuk perangkat yang berbeda. 

Jaringan Lebih Aman (dengan Cara yang Ramah)
Wi-Fi telah menggunakan WPA2 sebagai protokol keamanan yang direkomendasikan sejak 2004. Namun, WPA2 dapat dipecahkan — seorang hacker dapat mengambil data dari aliran Wi-Fi dan mencoba jutaan kombinasi untuk mengetahui kata sandi. Dengan kecocokan yang tepat, peretas dapat menggunakan kredensial ini untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi, dan semua hal yang ditransfer di dalamnya menjadi dapat diakses.
keamanan lebih terjamin wifi 6
Dalam upaya untuk mengurangi risiko ini, setiap agen keamanan pasti mendesak orang-orang untuk menggunakan kata sandi yang terdiri dari huruf acak, angka dan simbol untuk membuat kode keamanan lebih sulit untuk dipecahkan. Namun, kebanyakan orang akan setuju bahwa mengingat (atau bahkan mengetik dengan lancar) kata sandi seperti ini bisa sangat sulit.

Dalam Wi-Fi 6, WPA3 diperkenalkan untuk mengatasi masalah ini, dengan menghasilkan kata sandi langsung pada setiap transmisi data. Kata sandi yang cocok dengan data tertentu tidak lagi valid oleh transmisi berikutnya, memaksa peretas untuk menebak kata sandi dengan berinteraksi dengan perangkat Wi-Fi.

Metode ini tidak akan berfungsi, karena perangkat Wi-Fi dapat memblokir perangkat peretas jika gagal masuk terlalu banyak. Dengan ini, pengguna dapat menjaga jaringan mereka tetap aman saat menggunakan kata sandi yang jauh lebih mudah diingat. Ini akan menghasilkan router yang jauh lebih aman.

Terlebih lagi, protokol keamanan baru diumumkan pada tahun 2018 oleh Wi-F Alliance, dan Wi-Fi 6 akan mendukung protokol baru ini untuk menjadi metode enkripsi Wi-Fi baru yang wajib digunakan.

Menghemat Baterai Perangkat Mobile
Selain memperbaiki masalah keamanan, dua fitur baru dalam Wi-Fi 6 dapat memperpanjang masa pakai baterai pada ponsel cerdas (smartphone) dan tablet, sehingga mereka bisa lebih lama menggunakan perangkatnya.
Pertama, fitur Target Wake Time menjadwalkan siklus transmisi untuk setiap perangkat, yang memungkinkan perangkat untuk "tidur" lebih banyak. Dengan kata lain, perangkat seluler dapat membuat antena mereka dinonaktifkan dan hanya menyalakannya pada saat terjadi transmisi dengan router, sehingga membuat daya tahan baterai menjadi lebih lama.

Wi-Fi 6 juga memungkinkan aliran 20 MHz yang hemat daya bersamaan dengan aliran berkecepatan tinggi 160 MHz. Fitur ini sangat berguna untuk perangkat IoT bertenaga baterai seperti kamera nirkabel dan sensor. Semua perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi 5 diatur ke 80 MHz, dan akan mempertahankan kecepatan yang sama dengan menggunakan bandwidth yang sama.

Bekerja dengan Perangkat yang Ada
Mengingat bahwa perangkat tidak akan dialihkan ke standar baru dalam semalam, seperti pendahulunya, Wi-Fi 6 sepenuhnya kompatibel dengan standar Wi-Fi yang lebih lama — tanpa memerlukan pengaturan tambahan. Memperkenalkan router Wi-Fi 6 dapat menyiapkan jaringan rumah untuk masa depan Wi-Fi, sambil meningkatkan pengalaman jaringan pada perangkat Wi-Fi yang ada dengan router generasi berikutnya, dengan membawa perangkat keras mutakhir yang mengungguli model masa lalu dari standar Wi-Fi.

Dengan potensi besar untuk memenuhi kebutuhan konektivitas tanpa batas, perangkat Wi-Fi 6 mulai membuat gelombang di seluruh pasar konsumen — Samsung, Dell, dan Razer semuanya memasukkan dukungan Wi-Fi 6 dalam produk terbaru mereka. IPhone 11 yang baru saja diluncurkan juga mendukung Wi-Fi 6 - tren yang tidak diragukan lagi akan menjadi standar untuk semua perangkat baru yang memasuki pasar teknologi konsumen pada waktunya.

Sementara pengguna mungkin tidak perlu membeli laptop hanya karena perangkatnya tidak mendukung Wi-Fi 6, ada berbagai keuntungan yang bisa didapat untuk berinvestasi dalam stabilitas dan kinerja jaringan Wi-Fi di masa depan, karena pekerjaan dan kehidupan menjadi semakin terhubung.

Misalnya, router Wi-Fi 6 memanfaatkan CPU dan chipset terbaru, yang secara signifikan lebih kuat daripada router Wi-Fi 5 dengan harga yang sama. Dalam perihal kecepatan, perangkat Wi-Fi 6 lebih cenderung mempertahankan kecepatan lebih tinggi saat menghubungkan lebih banyak perangkat, daripada router Wi-Fi 5 yang membatasi dengan kecepatan yang sama. Memori yang berjalan juga lebih tinggi daripada router Wi-Fi 5, yang berarti mereka dapat menanggung lebih banyak data untuk beberapa aplikasi.

Bekerja bersama dengan kemajuan perangkat keras jaringan modern, sifat unik Wi-Fi 6 memiliki potensi besar untuk masa depan konektivitas tanpa gesekan dalam pengaturan konsumen dan perusahaan.

Sumber: https://www.techradar.com/news/what-we-can-expect-from-wi-fi-6

Share This :

Nazrin (ナズーリン Nazūrin) is a mouse youkai who's a skilled dowser and the leader of a great number of mice. As the leader of many mice, she often employs them to search for things for her; though if she were to ask them to find food, it would most likely be gone by the time they returned.

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon